Berita

Dukcapil Bengkayang Terapkan Pelayanan Online

  • 18 Mar 2020
Dukcapil Bengkayang Terapkan Pelayanan Online

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan terapkan pelayanan secara online. Pelayanan tersebut sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19) di kabupaten Bengkayang.

Menurut Kepada Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkayang, Akam, kebijakan itu diambil atas arahan Presiden, Menpan RB nomor 19 tahun 2020, surat edaran pemerintah provinsi Kalbar, dan arahan Dirjen Adminduk.

“Senin kemaren kami rapat intern Kadis dan Kabid menyikapi situasi saat ini, serta surat edaran pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Kalbar. Saat ini sedang disiapkan aplikasi pendaftaran online, mudah-mudahan secepatnya bisa diterapkan,” ucap Akam, Rabu (17/3).

Pelayanan di Dukcapil, jelas Akam, akan berlaku untuk semua jenis pelayanan atau dokumen. Selain itu akan ada penerapan tanda tangan elektronik.

“Rencana penerapan tanda tangan elektronik dan pelayanan secara online serta langkah-langkah pelayanan dikantor,” jelasnya.

Menurutnya, ada beberapa pelayanan yang masih berlangsung tetap seperti biasanya, terutama melayani kebutuhan masyarakat yang mendesak seperti pembuatan BPJS untuk syarat berobat di Rumah Sakit.

“Pelayanan langsung tetap ada bagi keperluan mendesak seperti keperluan BPJS untuk kebutuhan berobat Rumah sakit. Mudah-mudahan Minggu depan sudah berjalan untuk semua jenis pelayanan,” kata Akam.

Pelayanan secara online ini berlaku dengan cara masyarakat mengirimkan dokumen berkas secara online melalui website Disdukcapil Bengkayang dalam bentuk atau format PDF. Kemudian jika berkas dinyatakan lengkap maka langsung didaftarkan, dan jika berkasnya kurang lengkap maka akan dikembalikan lagi untuk dilengkapi.

“Pemberitahuan lengkap atau tidaknya berkas juga secara online. Kemudian, masyarakat juga bisa mengetahui proses berkasnya sudah sampai dimana sampai sudah jadi. Jadi masyarakat yang datang ke kantor tinggal ambil hasilnya. Tapi khusus untuk perekaman KTP-EL tetap langsung datang ke dinas untuk perekaman datanya,” jelas Akam.

Akam menambhakan, langkah tersebut guna mencegah penyebaran virus Covid-19, dan untuk meminimalisir kontak langsung dengan orang banyak. Untuk pelayanan pencetakan KTP-el, sambungya, sudah berjalan beberapa bulan ini dan berjalan dengan baik dan lancar.

“Selain itu pelayanan konsolidasi data ke pusat juga sudah online,” katanya memungkasi.