Berita

Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Kabupaten Bengkayang Tahun 2021 dan Pelayanan Langsung Dokumen Adminduk di Kantor Camat Sungai Raya

  • 24 Mar 2021
Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Kabupaten Bengkayang Tahun 2021 dan Pelayanan Langsung Dokumen Adminduk di Kantor Camat Sungai Raya
Rabu, 24 Maret 2021
Kecamatan Sungai Raya - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), melakukan Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Kabupaten Bengkayang Tahun 2021 dan Pelayanan Langsung Dokumen Adminduk di Kantor Camat Sungai Raya. Sosialisasi dibuka langsung oleh Wakil Bupati, dengan Nara sumber dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat dalam hal ini disampaikan oleh Kabid. Fasilitasi Pendaftaran Penduduk, Bapak Surianata, S.Pd dan Kabid. Fasilitasi Pencatatan Sipil, Bapak Suryanto, SH, diikuti oleh Camat Sungai Raya, Camat Capkala dan Camat Sungai Raya Kepulauan, Kepala Desa ditiga Kecamatan tersebut diatas serta dihadiri juga Anggota DPRD Bengkayang, Bapak Toni Pangeran.
Wakil Bupati Bengkayang, Drs. Syamsul Rizal dalam sambutan menegaskan bahwa salah satu fokus pelayanan dalam kepemimpinan mereka adalah akan memperbaiki sistem administrasi kependudukan melalui sistem pelayanan jemput bola. Sehingga kedepan masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Kantor Dinas dan mengeluarkan uang untuk membuat Adminduk, tidak ada lagi yang namanya Calo-calo. Jemput bola diupayakan dapat menjangkau semua kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang.
"Kedepan Kepala Desa atau perangkat desa tidak perlu bolak-balik ke Kantor Dinas Dukcapil kecuali memang atas kebutuhan yang sangat mendesak," tegas Wakil Bupati.
Terkait hal itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bapak Drs. Idris. M. Saleh mengatakan, apa yang disampaikan oleh Wakil Bupati dapat direalisasikan dengan cepat apabila didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Setidaknya ada tiga unsur penting yang diperlukan untuk menunjang sistem pelayanan Adminduk tersebut, yakni ketersediaan personil (SDM), peralatan dan anggaran.
"Perlu disampaikan juga kepada seluruh masyarakat, bahwa dalam pelayanan Adminduk jenis apapun Tidak Dipungut Biaya," pesan Bapak Drs. Idris M. Saleh.